Leonardo Da Vinci

Siapa yang tidak kenal Leonardo da Vinci, seorang pelukis ternama yang juga dikenal sebagai pelukis Monalisa ???

Leonardo da Vinci, anak dari Ser Piero da Vinci dan Caterina, yang memiliki nama lengkap Leonardo di Ser Piero da Vinci yang berarti Leonardo putra Ser Piero asal kota Vinci ini lahir pada tanggal 15 April 1452 di kota Vinci, provinsi Firenze, Italia.

Pada usia belia, beliau sudah belajar melukis dengan Andrea del Verrocchio dan mulai melukis di Firenze. Ada kabar mengisahkan, Verrocchio menyatakan pensiun melukis setelah menyaksikan bahwa lukisan muridnya yang satu ini lebih bagus dari lukisannya sendiri. Selain menjadi pelukis, Leonardo juga sanggup menunjukkan kemapuannya di bidang lain. Pada tahun 1481, Leonardo pindah ke Milan untuk bekerja dengan Adipati (Duke) disana. Hasil karyanya selama di Milan yang paling termahsyur adalah Kuda Sforza yang dikerjakannya selama kurang lebih 11 tahun. Ia tidak melukis dan menuat patung saja, melainkan juga mengubah jalan-jalan sungai dan membangun kanal-kanal, serta menghibur Duke dengan memainkan lut dan bernyanyi. Lalu, ia bekerja untuk Raja Louis XII dari Perancis di Milan dan untuk Paus Leo X di Roma.

Dalam hidupnya Leonardo sangat tertarik pada ilmu pengetahuan. Ia mulai mempelajari burung terbang dan mulai merancang msein terbang. Pemikirannya itu terdapat dalam buku catatannya sebanyak 7.000 halaman. Di dalam buku itu juga terdapat sketsa tentang studi tubuh manusia. Pada zama itu, anatomi tubuh manusia tidak lebih dari sekadar kira-kira karena siapapun dilarang keras membedah jenazah. Dengan kenekatannya mencuri-curi kesempatan membedah-bedah tubuh orang mati, di kemudian hari tindakan yang tak lazim di zamannya ini memberikan kontribusi yang sangat besar bagi dunia kedokteran.

Mahakaryanya, Jamuan Terakhir (The Last Supper) pada tahun 1495 sampai tahun 14 97 yang dilukis pada dinding biara Santa Maria di Milan, kini telah rusak akibat dimakan waktu. Lukisan terkenal lainnya adalah Monalisa yang kini terdapat di Museum Louvre, Paris. Sebuah spekulasi yang beredar tentang siapa sesungguhnya Monalisa antara lain menyatakan bahwa citra perempuan tersebut merupakan hasil rekaan wajah Da Vinci sendiri. Spekulasi yang lain menyatakan bahwa perempuan tersebut memang pernah ada, seorang istri pedagang.

Leonardo da Vinci wafat di Clos Lucé, Perancis pada tanggal 2 Mei 1519 dan dimakamkan di Kapel St. Hubert di kastel Amboise, Perancis.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment